Proses mengkotak-kotakkan pasar yang heterogen kedalam kelompok2 “potensial customer” yang memiliki kesamaan kebutuhan dan kharakter yang memiliki respon yang sama terhadap sesuatu.
1. Demografi, segmentasi yang didasarkan pada peta kependudukan. Dan terdiri dari:
© Usia
© Jenis Kelamin (Gender)
© Pendidikan
© Pendapatan
© Keluarga
© Agama
© Suku dan budaya
© Status
2. Geografis, segmentasi ini membagi pasar berdasarkan jangkauan geografis, bisa berdasarkan pulau, provinsi, kota besar, kota kecil, desa dsb.
3. Geodemografis, segmentasi ini menganggap bahwa konsumen yang tinggal disuatu wilayah geografis tertentu diyakini memiliki kharakter demografis yang sejenis namun wilayah geografisnya harus sesempit mungkin.
4. Sosiografis
© Kelas Sosial
© Budaya
© Group Reference
© Opinion Leader
© Penggunaan Waktu
© Peran Sosial
© Kondisi Keluarga
5. Psikografis, segmentasi berdasarkan gaya hidup dan kepribadian manusia
© Kepribadian
© Faktor Kepentingan
© Daya Inovasi
© Sikap terhadap resiko
© Motivasi
© Kesadaran tentang kelas
© Sikap/opini
Tipologi VALS membagi 9 segmen psikografis :
© Survivors (4%) (orang tua rata2 66 tahun, berpenghasilan rendah
© Sustainers (7%) hampir sama dengan surfaifers tapi sekmen ini lebih muda dan beroenghasilan lebih baik dan optimis terhadap perbaikan hidupnya
© Belongers (35%) adalah segmen terbesar disebut belonger karena rasa afiliasinya sangat tinggi
© Emulators (10%) lebih muda dari belonger rata-rata 27 tahun lebih berambisi untuk lebih maju dan kaya, kompetitif dan senang bekerja keras.
© Achievers (22%) lebih percaya diri, lebih mapan
© I-am-me (20%) ini adalah segmen termuda sebagian besar mahasiswa
© Experentials (7%) Kebanyakan berusia awal 30-an.
© Socially Conscious (8%) Orang-orang yang peduli terhadap lingkungan dan sangat respek terhadap masa depan lingkungan secara global.
© Integrated (2%) cenderung memiliki sikap yang seimbang bersikap terbuka, ekspresif dan adaptif.
Minggu, 14 Juni 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar